Jumat, Agustus 17, 2007

Perjalanan Ini....

"perjalanan ini, trasa sangat menyedihkan

sayang engkau tak duduk disampingku kawan

banyak cerita yang mestinya kau saksikan

di tanah kering bebatuan..."



Sepenggal bait dari lagu Berita Kepada Kawan-nya Ebiet G. Ade sepertinya pas banget ama kejadian tadi malem. Perjalanan yang biasa dijalani antara Jakarta-Bandung menjadi sesuatu yang luar biasa. Perjalanan yang ga bisa dilupakan.

Semua berawal ketika jam menunjukan pukul 17.15 wib. Saat bubaran kantor. Ketika itu sudah dapat dibayangkan kalo malam ini akan menjadi malam yang melelahkan. Gara-gara travel yang biasa dipake ke Bandung dah full-booked dari hari senen. Ketika keluar dari kantor, seorang teman yang juga berasal dari Bandung menawarkan untuk ikut pake mobil temennya. Jadi 3rd party lah kalo di friendster mah. Sayang namun sangat sayangkan, sayah belum siap-siap untuk langsung cabut mengingat semua baju kotor dan laptop masih di kosan. Alhasil dengan berat hati sayah menolak ajakan yang sangat menggiurkan itu.
Tepat jam 18.30 sayah pergi meninggalkan kosan. Tujuannya adalah pool bis Primajasa di UKI. Sebenernya sayah lebih prefer untuk pergi ke Lebak Bulus karena disana lebih banyak bis yang ke Bandung. Tetapi mengingat lagi ada partai besar disana, sayah pun memilih untuk ke UKI aja. Daripada terjadi sesuatu setelah melihat 'the most unwanted fans' yang membuat hati panas, mendingan ga usah deh. Tujuannya juga mau pulang. Bukan mau berantem. Lalu pergilah ke halte Busway Karet Kuningan. Dari halte itu harus transit di 3 tempat sebelum nyampe UKI. Maklum mau ngirit ongkos ceritanya.

Di tempat transit pertama mulai menunjukkan perasaan bimbang. Nyampe ga ya di pool bis sebelum jam setengah 9, karena bis terakhir itu sekitar jam segitu. Halte Halimun sebagai tempat transit pertama dijubeli puluhan manusia. Ah, terancam ga nyampe nih. Beruntung masih dapet bis meski harus berdesakan.

Nyampe di tempat transit kedua, perasaan semakin ga tentu. Ini orang jauh lebih banyak dan semuanya berjubel di pintu masuk. Ga ada celah sidikitpun untuk maju ke depan. Bis yang datengpun ga kalah padatnya. Satu bis yang masuk cuma bisa ngangkut satu ato dua orang saja. Masih tersisa puluhan orang lagi. Wah, kapan kebagiannya kalo gini. Ya udahlah, pake bis yang berlawanan arah dulu aja yang lumayan lebih kosong dan gada yang antri. Akhirnya sayah menjauh sekitar 2 halte dari halte sebelumnya dengan harapan bisa masuk meski harus bejubel di bis asal ga di haltenya.

Ternyata harapan tinggal harapan. Setelah nunggu 15 menit belum ada satupun bis yang masuk. Ya ampun..gimana nasib orang-orang yang di halte transit tadi ya? Disini aja bis belum masuk, apalagi disana. Akhirnya kesabaran sayah habis. Sayah memutuskan ga jadi ke pool bis Primajasa karena udah ga mungkin dapet bis lagi. Tujuan sayah alihkan ke Gambir, siapa tau masih dapet kereta yang terakhir (kalo ga salah jam 21.00 biasanya). Sayahpun kembali naek busway yang lewat ke Gambir. Tapi harus ke halte transit di Senen dulu.

Sesampainya di halte transit sayah terkejut. Ternyata disana juga antri. Aduh, mati sayah. Ah, karena udah penat banget ngeliat orang yang bejubel di halte akhirnya sayah keluar dari halte dan naek ojek ke stasiun. Gapapa lah harus bayar 10rb juga asal bisa cepet nyampe. Dah cape.

Kenyataan memang belum tentu sesuai dengan keinginan. Kereta terakhir yang diharapkan bisa ngankut ke Bandung ternyata ga ada. Ketika ngeliat jadwal kereta sayah kaget. Ternyata kereta terakhir ke Bandung jam 19.30! Dan jam saat itu menunjukan 20.15. Oh, tidaaaakkkk!

Disaat kebingungan ada seorang calo yang menanyakan tujuan sayah. Sayah bilang mau ke Bandung. Dia lalu bilang "tuh di sana tempat travel ke bandung, orang-orang yang lagi pada duduk itu pada nunggu juga". Setelah berterimakasih sayahpun bergabung dengan orang-orang yang ternyata banyak juga. Setelah agak chaos karena tiap ada mobil yang masuk orang-orang pada berebutan masuk padahal kapasitas cuma 7 orang sedangkan orang yang ada lebih dari 30 orang, akhirnya seorang calo mengatur dengan membagi kelompok orang-orang yang ada. Jadi kaya ospek aja..hehehe...

Ternyata meski travel gelap di stasiun itu 24 jam, tetapi mobil yang masuk lama banget. Jarak antara satu mobil dengan yang lainnya bisa nyampe 30menit. Disaat lagi menunggu ketidakpastian itu, seorang ibu dengan suaminya mengajak sayah untuk nyewa mobil aja. Sayah diminta bayar sama seperti ongkos travel aja sedangkan sisanya biar mereka yang nanggung. Sayah setuju saja. Yang penting bisa cepet nyampe Bandung. Akhirnya kita meninggalkan gerombolan penumpang penunggu kedatangan travel menuju ke tempat janjian mobil sewaan. Tapi ternyata keberuntungan belum memayungi kami. Mobil sewaan yang sudah deal dengan keluarga tadi secara tiba-tiba membatalkannya dengan alasan si supir harus pulang jam 11 malem. TIDAAKK! Gagal lagi deh. Dan kami pun kembali bergabung dengan kelompok kami yang tadi.

Akhirnya tepat jam 10 malem kelompok sayahpun kebagian jatah mobil. Sayah tinggalkan juga Jakarta. Ah, sukurlah bisa juga pulang. Ga peduli di Bandung mau pake apa nyampe ke rumahnya, yang penting nginjak Bandung dulu. Mau jalan kaki dari stasiun pun dijalani. Yang penting udah di Bandung.



Have a long weekend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar