Selasa, Juni 21, 2011

Puisi Chairil Anwar

Walaahh,,udah lama rupanya ga nulis. Lagi ga mood hehehe. Moodnya lebih banyak berkicau di twitter. :)

Okey, saat ini ga tau kenapa sayah lagi suka banget ama puisi karya Chairil Anwar yang judulnya Aku. Baru tercerahkan, ternyata susunan kata-katanya itu dalem banget. Ada makna tersembunyi disitu yang bisa ditafsirkan dalam berbagai kondisi. Pemilihan kata-katanya begitu indah dan terangkai sempurna menjadi lantunan bait-bait puisi. Emang ga salah kalau beliau menjadi salah seorang pujangga besar Indonesia.

Baiklah, kalau begitu sayah tuliskan lagi saja puisi berjudul Aku, yang terdapat di buku "Chairil Anwar: Aku Ini Binatang Jalang" yang saya punya. Menurut buku kumpulan puisi-puisi karya Chairil Anwar tsb, puisi Aku ini ditulis pada bulan Maret 1943. :)
AKU

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang 'kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

(Maret 1943)


Nah, keren kan puisinya beliau? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar